Monday, September 10, 2012

0 HISTORY OF ENGLISH PRIMER LEAGUE

Cerita-cerita sepintas tentang perkembangan klub di liga inggris .
Disini saya hanya akan menceritakan klub yang cukup berpengaruh terhadap persepakbolaan di inggris.
Mungkin karena saya fans Manchester United , saya akan menceritakan klub ini terlebih dahulu.



1.    Manchester United

Sejarah yang di mulai oleh klub  ini sangat lah kental dengan history-history , sebelum era keemasan Liverpool kejayaan Manchester United telah dimulai sejak era Denis Law pada dekade 40an , serta di era Bobby Charton dan george Best di dekade 50-60an . pada dekade itu di kenal sebagai generasi paling cemerlang di antera Britania Raya karena di kancah Eropa hanya Manchester United yang mampu berbicara banyak . dan pada tahun 1968 MU yang di arsiteki oleh sir Matt Busby merengkuh gelar liga Champions untuk pertama kali, dan yang pertama bagi klub Britania Raya.

Namun sebelum kecemerlangan era Bobby Charlton dan George Best pasukan Sir matt Busby pun pernah mengalami peristiwa mengenaskan , saat menjalani lawatan ke Bayern Munich di tahun 50an pesawat yang di tumpangi armada setan merah terbakar dan hampir 90% skuad setan merah(MU) meninggal dunia, hanya pelatih matt Busby dan manager serta tiga pemain yang di antaranya adalah Bobby Charlton yang kemudian menjadi mega bintang di dekade 60an.

Tidak di pungkiri lagi bahwa Manchester United adalah klub dengan segudang sejarah yang sangat mentereng di antara klub-klub liga primer lainnya . banyak sekali bintang sepakbola yang mampu menjadi pemain terbaik eropa dan dunia di mulai dari Bobby Charlton,George Best , eric Cantona, David Beckham dan terakhir cristiano Ronaldo. Klub ini pun yang kini banyak memegang rekor di BPL maupun kancah eropa , di kancah liga primer MU memegang rekor juara terbanyak dengan 19 gelar unggul 1 gelar atas liverpool, di community shield dan FA cup pun MU masih menjadi pengoleksi gelar terbanyak diantara klub lainnya, di liga Champions pun MU mengoleksi 3 gelar dan memegang rekor partisipasi terbanyak di liga Champions diantara semua klub eropa sejak tahun 1992-sekarang . Namun kedigdaan MU sekarang tidak langsung secara instan , pada dekade 70-80an sempat tersingkir dari persaingan . Dan pada saat era liga inggris berubah  menjadi Barclash Primer League  barulah kembali dimulai kejayaan yang pernah tertidur pun.  Dan memang tidak di pungkiri kejayaan MU adalah berkat tangan Sir Alex Ferguson yang melatih MU sajak tahun 1986-..sekarang , berkat tangan dinginnya nya juga banyak terlahir talenta-talenta muda yang menjadi mega bintang . jika Barcelona dengan LA MASIA nya , MU lebih dahulu mempunyai Class of ’92 yang beranggota David Beckham , Garry dan phil neville, nicky Butt, paul Scholes dan ryan Giggs . dan saat ini cukup banyak calon bintang yang siap menjadi megabintang di klub ini , sebut saja phil jones , chris Smalling , nick Powell, tom Cleverley dan danny Wellbeck .  dan di samping itu pula MU memiliki pelatih yang bagi para pemain nya bagai diktator, sebut saja Paul Ince ,Mark Hughes,David Beckham hingga van Nistelrooy di depak karena membuat kesal alex Ferguson . this why I LOVE YOU MANCHESTER UNITED!!! GLORY GLORY MAN UNITED!  \m/




2.    Liverpool

Mungkin kepada klub inilah saya memberi respect dan rasa hormat lebih diantara berbagai klub lainnya . Liverpool pun telah memulai history sejak lama , namun yang sangat mencolok adalah pada saat era keemasan kenny Dalglish dan Ian Rush . kejayaan Liverpool terjadi pada dekade 70-80’an saat rival mereka MU sadang terpuruk Liverpool berhasil menguasai liga domestik dan eropa . Mungkin bila kita lihat saat ini adalah prestasi terburuk Liverpool sepanjang sejarah . dan di kancah
  
liga Champions Liverpool adalah pengoleksi gelar terbanyak diantara klub BPL dengan 5 gelar . Namun setelah liga inggris berganti menjadi BPL , Liverpool belum pernah kembali mencicipi manis nya gelar 20 tahun lebih sejak 1991-.. sekarang . gelar bergengsi terakhir yang bisa di raih Liverpool adalah gelar juara liga Champions pada 2005 saat mengalahhkan AC Milan lewat tendangan Penalty.  Namun sampai saat ini kita harus menunggu kebangkitan Liverpool untuk kembali meramaikan persaingan di tahta klasemen . tapi Liverpool memiliki satu kebanggaan lainnya , bajwa pendukung mereka merupakan yang paling loyal diantara klub lainnya , dan stadion anfield pun di kenal sebagai stadion paling berisik di Britania Raya.

3.    Nottingham forrest


Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang klub ini , tapi klub ini lah yang pada dekade 80’an menjadi kompetitor Liverpool dalam meraih gelar juara .  bahkan Nottingham telah menjuarai liga europa sebanyak 2 kali di tahun 1978-1979  yang kini liga Champions . jika di banding dengan Arsenal Nottingham lebih cemerlang , apalagi jika di banding kan dengan Chelsea atau pun klub kemarin sore Man City . sayang nya kini klub ini sedang bertahan susah payah di champion division . dan stuart Pearce pelatih inggris u-23 adalah mantan pemain dari nottingham Forrest .

4.    Arsenal

Arsenal cukup lama berpusa gelar , setelah terakhir meraih nya di zaman Thiery Henry hingga sekarang belum merasakan kembali manis nya gelar juara . sebenarnya kehebatan the gunners telah lama sejak 80-90’an namun mereka hanya menjadi klub pemanis persaingan saja dan susah menjadi penguasa liga . kehebatan mereka mulai terlihat saat era david Seaman , Ian Wright, dan tony Adams di dekade90’an . yang kemudian di lanjutkan oleh dennis Bergkamp , thiery Henry dan fredddik Ljumberg .  saat menjadi juara di awal era millenium 2000’an the gunners mencatat prestasi sangat sangat lah mengkilap dengan menjadi juara tanpa terkalahkan . namun sayang saat final liga Champions di tahun 2006 mereka harus takluk oleh Barcelona dengan skor 2-1 . dan persaingan Arsenal dengan MU pun diakui pihak BPL sebagai persaingan terpanas dalam pertadingan di BPL tapi itu ketika gunners masih di perkuat Vieira .

5.    Leeds United

 Sebelumnya mereka telah menghabiskan sebagian besar sejarah mereka di tingkat atas sepak bola Inggris. Klub ini dibentuk pada tahun 1919 menyusul pembubaran tim pendahulunya Leeds City FC . Stadion mereka adalah Elland Road yang mempunyai kapasitas 39.460 kursi, yang telah mereka gunakan sejak pendirian mereka setelah mengambil alih dari Leeds City. Saat berada di liga utama inggris leeds merupakan lawan yang selalu menylitkan klub-klub besar di masa 90’an seperti MU, Arsenal ,Liverpool . dan sempat menjuarai liga uta pada 1991-1992.
Namun setelah terdegradasi Leeds susah menembus kembali liga utama di Inggris . dan terseok seok di champions division . cukup banyak pemain-pemain yang terlahir dari klub ini , salah satu nya adalah alan Smith tapi sayangnya pemain ini gagal bersinar di Manchester United .

6.    West Ham United

Mungkin saat ini tak terlihat prestasi yang pernah di torehkan klub ini , tetapi dahulu klub ini sempat menjadi kambing hitam yang menakutkan di dekade 70-80’an . di klub ini pula banyak melahirkan pemain-pemain berbakat yang sekarang mala melintang BPL.

Sebut saja Frank Lampard, joe Cole, Rio Ferdinand dan masih banyak lagi pemain lainnya. Dan di Indonesia sendiri West Ham United sedang menjadi fenomena tersendiri entah karena apa kecintaan mereka kepada klub ini . yang jelas kecintaan mereka terhadap klub ini tanpa alas yang jelas, FUCK OFF THE FOSSER . jangan masalah tentang pemain West Ham , sejarah yang telah di toreh kan saja iya tidak mengetahui nya .

7.    Chelsea

Mungkin tidak banyak sejarah yang dapat kita tahu dari klub ini . karena klub ini dahulu jarang terdengar beritanya . maka dari itu palsu semata jika disini mengidolakan chelsea sejak era 90’an . karena seseorang memilih idola itu pasti dengan alasan yang jelas iya mencintai klub tersebut . jadi bisa kita lihat saat nobar pendukung chelsea kebanyakan masih muda-muda , tidak seperti Liverpool , MU , dan Arsenal yang sudah menjadi idola bahkan sejak tahun 70-80’an.
Sejarah chelsea mungkin baru tertulis tinta di akhir 90’an ketika klub ini di arsiteki Ruud Gullit lalu Gianluca Vialli , yang kemudian mendatangkan pemain bertalenta seperti Gianfranco Zola dan Roberto Di Matteo .
Untuk pencapaian gelar pertama , chelsea baru meraih nya saat di latih jose Mourinho di awal tahun 2000’an . dan sepanjang sejarah chelsea hanya mengoleksi 3 gelar juara liga saja . untuk liga champions chelsea baru meraih nya di tahun 2011-2012 setelah dengan susah payah mengalahkan Barca dan Munich .


Bagi saya kecintaan saya terhadap klub favorit saya dapat melebihi cinta saya terhadap semua yang ada di sekitar saya . dan bila bagi sebagian orang bahwa sepakbola adalah sebuah permainan kadang menang kadang kalah, tapi bagi saya sepakbola adalah kebanggaan yang sangat besar. Kencintaan pada tim sepakbola pun jangan karena keadaan suatu pemain tertentu tapi harus dengan alas yang bisa di banggakan . jika mencitai suatu tim banggakan dan pelajari tentang sejarah yang telah ia tulis dengan tinta emas.

0 comments:

Post a Comment

 

Ikbal Achmad Fahreza Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates